Deteksi Kebiasaan Korupsi Sejak Dini

Deteksi Kebiasaan Korupsi Sejak Dini Gadis

Saat menonton atau membaca berita, sering banget kita menemukan kasus korupsi yang dilakukan para pejabat negeri. Perilaku korupsi yang merugikan rakyat tentunya nggak patut ditiru. Tapi ternyata, secara sadar atau nggak sadar, ada perilaku korupsi yang kita lakukan dalam kehidupan sehari-hari. So, hati-hati! 

Kebiasaan #1: Ngaret
Janjinya berkumpul jam 8, tapi ternyata datang dua jam kemudian. Ini namanya korupsi waktu yang merugikan orang lain. Apalagi kalau teman-teman ternyata datang tepat waktu. Semua rencana yang disusun jadi berantakan hanya karena menunggu satu orang saja, deh.
Kebiasaan #2: Menyontek
Saking pusingnya sama materi pelajaran yang ada, kita memilih jalan pintas buat menyontek. Mungkin ini bisa bikin nilai kita tetap bagus. Tapi selain soal nilai, nggak ada keuntungan lain yang bisa didapatkan. Teman-teman yang sudah belajar keras pun pasti sebal karena punya nilai sama dengan kita yang nggak belajar sama sekali. Melakukan hal ini membuat kita nggak jujur baik kepada diri sendiri maupun orang lain.

Kebiasaan #3: Bikin Anggaran Palsu
Nah, ini dia yang sering jadi godaan besar buat kita, yaitu korupsi uang. Apalagi kalau kita punya kesempatan buat menjadikan anggaran umum buat kepentingan pribadi. Korupsi uang ini juga bisa terjadi dalam hal sederhana seperti nggak mengembalikan uang kembalian yang diberikan mama untuk membeli sesuatu.

 

source: gadis.co.id

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s